Arsip untuk Januari, 2010

Nietzsche sang Pembunuh Tuhan

Saya hanya harus memercai seorang Tuhan yang mengerti bagaimana menari”-Nietszche

Siapa itu Nietzsche ? udah pernah denger? Om Nietszche ini adalah seorang filsuf yang pemikiranya te;ah (dan masih?) bikin heboh dengan karyanya tentang matinya tuhan.

Saking ruwet dan dalemnya pikiran dari Nietszche ini sampai-sampai ada yang bilang sebelum kita mempelajari karya filsafatnya, kita harus belajar dulu filsafat aristoteles selama 10  tahun !! menurut St. Sunardi, paling tidak kita perlu baca dua kali dalam membaca karya-karya Nietszche, kenapa ? karena karyanya kebanyakan ditulis dalam gaya bahasa aforisme yang urakan, congkak, penuh majas, sehingga rumit bagi orang umum untuk memahaminya. Nietszche sendiri berkata bahwa buku yang dia tulis bukan untuk orang awam, “menulis buku untuk orang awam baunya selalu tidak enak” begitu katanya.

Seperti yang saya bahas diatas, Nietszche mmbuat heboh dunia dengan pemikiranya mengenai matinya tuhan, “Got is TOT!” Ya, tuhan sudah mati dan kitalah yang membunuhnya begitu kaa Nietszche.  Mat disini tentu bukanlah mati dalam arti sesungguhnya, melainkan karena memang sudah saatnya manusia sadar bahwa kita sesungguhnya sudah tidak membutuhkan konsep tentang tuhan tersebut dengan berkata “ya” pada kehidupan dan melepaskan diri dari segala pegangan dan dogmatisme.

Konsep-konsep pemikiran Nietszche antara lain adalah matinua tuhan, nihilisme, kehendak untuk berkuasa (will to power), ubermensch, dan kembalinya segala sesuatu.  Susah untuk memahami secara langsung pemikiran Nietszche dari bukunya, bagi yang berminat saya sarankan untuk membaca “Nietszche” karya St.Sunardi terbitan dari LKiS.

Tidak diragukan lagi pemikiran dari Nietszche begitu dalam dan radikal, dia banyak dikecam di sana-sini tapi Nietszche sendiri berpendirian bahwa apa yang dia tulis bukanlah untuk jamanya, tapi untuk era sesudahnya, ya, Nietszche menganggap dirinya adalah anak jaman, lahir terlalu awal di eranya. Nietszche adalah seorang perebak kecemasan dan kegelisahan pemikiran dari hasil karyanya.

Karyanya banyak dikaji dan diulas, dari Heiddeger, Sartre, Iqbal, dll dan sampai sekarang pun,  karya Nietszche dianggap sebagai batu loncatan penting bagi dunia filsafat.

Meski begitu, hidup tidaklah mudah bagi Nietszche, dia tumbuh di lingkungan gereja yang taat sebelum akhirnya menjadi memutuskan menjadi atheis radikal. Nietszche selalu gagal dalam urusan cewek,di kala tua dia hidup sendiri dengan dirawat oleh adiknya. Disaat karyanya mulai termashyur dan diperbincangkan dimana-mana, Nietszche sudah terlanjur babak belur setelah bergulat dengan pikiranya sendiri dan menderita sakit jiwa.

Mengutip kutipan dari Nietszche di sampul buku Sunardi, “aku bukanlah manusia, tapi dinamit !!”

Ayoo 2010, Jadi Orang Baik, Susah Nggak Ya?

Nggak kerasa, tahun 2010 udah kelewat ya rasanya taun ini cepet banget daripada taun-taun sebelumnya. Lumayan banyak juga hal hal yang terlewatkan di taun 2009 kemaren. Coba deh saya ceritain dikit disini..

Sepanjang taun kemaren saya nulis 16 tulisan di blog saya yang lama,haha dikit banget ya udah gitu diantara 16 itu hampir semua (atau malah semuanya?) isinya acakadut yah nggak kalah acakadutnya sama rambut saya lah hahaha.

Taun kemaren saya sering banget jalan ke jogja, sama temenlah, sama keluarga lah, yah memang udah tresno kayaknya, malioboronya, tugunya, orang-orangnya haha jadi pengen mampir kesana lagi.  sampe akhinya sadar kalo itu ngabisin duit lumayan jadi ya besok besok kalo mau plesir agak direm lah.

Taun kemaren keterima di Undip, seneng sih, tapi bingung juga. Soalnya sebenernya ngedaftar snmptn itu cuman buat kedok biar bisa daftar kuliah ke luar kota, yah tapi tetep bersyukur dong walopun sekarang jadi montang manting.

Taun kemaren, saya dapet temen-temen baru, pengalaman baru, banyak cerita sedih, tapi alhamdulillah masih banyakan senengnya. Bahkan sempet kepikiran juga, bisa apa saya kalo enggak ada temen-temen saya.

ah, kemaren pas malem pergantian taun baru sempet iseng muter-muter di tengah kota semarang, di tengah kembang api  yang mahal-mewah itu masih keliatan tunawisma yang acuh asik tidur di tengah gegap gempita taun baru. Kebetulan taun kemaren ngeliat juga kejadian yang sama, di jogja.

Yaah, kalo habis liat begituan malu rasanya buat mengeluh malu buat sambat…malu sering betmut kalo uang jajan kurang, malu sering jengkel-jengkelan kalo koneksi internet lemot, malu buat ngedumel nggak jelas, malu ! jadi inget, jadi sadar kalo masih banyak orang diluar sana yang belum beruntung.

oh iya, saya punya penyakit akut yang pengen banget rasanya buat disembuhin tapi susahnya minta ampun ! M.AL.A.S. ! ampun deh kalo penyakit satu ini lagi kumat.

Ayo jadi orang yang lebih baik di 2010 ! pake cara yang kita bisa, ya semua emang dari niatnya ya, “Kehendak baik”  kalau menurut Immanuel Kant.Susah sih, berbuat kebaikan tanpa embel-embel apapun dibelakangnya, tapi kalo enggak dibiasain sekarang kapan lagi, bener nggak? haha 😀


Gravatar

blog sederhana dari pemikiran saya yang juga ndak kalah sederhananya, silahkan dinikmati

ayo-ayo buat yang ga sempet buka blog ini bisa baca via email, gampang kok tinggal klik disini

Bergabunglah dengan 22 pengikut lainnya

Januari 2010
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

my tweets @rianadhivira

wordpress visitors