Dibalik Mahabharata

Mahabharata, epos besar perang antara Pandawa melawan Kurawa. Banyak benget yang bisa kita ambil dari cerita Mahabharata ini, perang dari semua perang ini kalo sedikit kita liat lebih dalem, bukan perang semata-mata antara good vs evil. Disini semua tokohnya bukan serba hitam atau putih karena masing-masing punya sisi positif dan posisi negatifnya sendiri-sendiri. Bahkan Yudhistira pun terpaksa berbohong soal Aswatama buat mengelabui Mahaguru Durna, Arjuna yang membunuh Karna selagi roda keretanya terperosok, Setyaki yang menyerang musuhnya disaat sedang semedi, ataupun Bima yang menyerang tubuh bagian bawah Duryudana. Toh perang kurusetra ini juga terjadi karena permasalahan judi dadu antara Yudhistira dan Sengkuni dan Duryudana. Kalau saja Pandawa mau nrimo dan tidak mempermasalahkan, pasti nggak perlu ada banyak nyawa yang melayang, hal ini juga akhirnya disadari dan disesali oleh Yudhistira di akhir perang.

Di Mahabharata ini ,peran terbesar dan pemegang skenarionya adalah Batara Wisnu (salah satu trimurti Hindu, dewa pemelihara) yang mennyaru kedalam Sri Kresna, raja Dwaraka (dalam perang jadi sais kereta arjuna). Kresna-lah yang mengatur kematian Bhisma dengan memakai Srikandi, membunuh Durna melalui Drustadumya,  dan bahkan Gatotkatcha yang dijadikan tameng martir karena mati di tangan Prabu Karna dengan tombak Konta yang seharusnya disimpan untuk kemudian akan dipakai untuk membunuh Arjuna.

Memang tidak semua hitam dan tidak semua putih, namun Sang Maha Kuasa (disini Wisnu, Kresna) selalu punya skenario yang mengatur plot jalanya cerita, dan cuma sedikit orang yang sadar dan punya kebijaksanaan yang cukup untuk memahaminya. seperti Bhisma yang pasrah ketika Kresna akan melanggar sumpahnya dan sudah berancang-ancang untuk membunuhnya karena Bhisma tahu kalau Kresna adalah jelmaan dari Wisnu.

Jadi, pihak yang didukung dan dinaungi oleh Yang Maha Kuasa adalah pihak yang akan memperoleh kemenangan. Ayo-ayo pada baca Mahabharata !🙂

12 Responses to “Dibalik Mahabharata”


  1. 1 TUKANG SULAP Juli 23, 2010 pukul 12:13 am

    Salam magic, cara pembeliannya klick menu HOW TO ORDER bos, atau HUB ane langsung, lihat No. HP ane di Blog ane. klo Beli banyak ane kasih BONUS BOS🙂

  2. 2 Takodok! Juli 23, 2010 pukul 8:44 am

    saya mauuu baca mahabarata, tapi belum sempet-sempet hu hu..
    Taunya cuma sebatas film seri yang pernah tayang di TPI jaman dulu, dan sangat tertarik setelah baca The Palace of Illusion.

  3. 3 Sang Nanang Juli 23, 2010 pukul 1:11 pm

    satu epos besar yang sangat saya kagumi….bahkan saya sangat seneng nonton wayang!

  4. 4 aphied Juli 25, 2010 pukul 4:27 pm

    ak punya bukunya ini. tp g pernah selesai bacanya. hikss. .

  5. 5 matakakiku Juli 26, 2010 pukul 6:20 pm

    mau pilem mau buku, alur cerita dan penokohannya emang kereen.

  6. 6 matahari Juli 31, 2010 pukul 7:43 pm

    saya bersyukur Indonesia menjadi bangsa yang ikut membesarkan cerita Mahabarata😆

  7. 7 matahari Juli 31, 2010 pukul 7:46 pm

    btw cerita mahabarata kan banyak, ya? saya memang belum pernah baca langsung cerita aslinya😆 paling sering cuma lewat wayang saja

  8. 10 ririn Agustus 2, 2010 pukul 2:37 pm

    walah padahal ini bukunya udah nangkring di kamar kakakku dari jaman kapan, tapi kok ya ga tak baca-baca
    dari postingmu sepertinya rame,wok. ok,tak baca *mendadak mau baca,hahahaha

  9. 11 zhu September 7, 2011 pukul 11:14 pm

    aku pengen banget bacca mahabrata…tapi lebh suka nonton deh

  10. 12 yudi Mei 25, 2013 pukul 1:42 pm

    Nonton mahabarata emang seru,karena aku sudah pernah nonton


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Gravatar

blog sederhana dari pemikiran saya yang juga ndak kalah sederhananya, silahkan dinikmati

ayo-ayo buat yang ga sempet buka blog ini bisa baca via email, gampang kok tinggal klik disini

Bergabunglah dengan 22 pengikut lainnya

Juli 2010
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

my tweets @rianadhivira

wordpress visitors

%d blogger menyukai ini: