Selamat Ulang Tahun Devi ! :D

Saya sering ngabisin waktu di PKL Undip di Peleburan Semarang. Kangen rasanya kalo beberapa hari saja ga bertandang kesana, nasi gorengnya, ayam gepuknya, nyam! haha ! tapi ada cerita yang mau saya bagi disini; Namanya Devi, masih kelas 1 SD anak salah satu penjual di PKL yang juga sering main main disitu. Saya sering goda-godain dia, bukan karena pedofil tapi gemes😛

Devi: mas mas aku kemaren ulang taun lhooo
Saya: oh ya? musooook? gimana ulang taune?
Devi: enggak dirayain og, tapi aku diucapin selamet sama mamaku
saya: haha sama, aku juga gak pernah dirayain oo dev, memang gimana dev ucapanya?
Devi:

Devi selamat ulang tahun ya, cepet gede, biar bisa cepet cari uang.

Saya: *senyum kecut, selamat ulang tahun ya dev hehe

Miris ya rasanya, cita-citanya terpatok pada acuan  “biar bisa cepet cari uang”. Apa cuma Devi ini saja? atau ada Devi yang lain? . Kalau dicoba melihat dari sudut pandang yang sedikit lebih luas, mungkin Rousseau benar juga, dengan mengatakan kalau kemajuan manusia tidak mendatangkan kebahagiaan melainkan justru menambah penderitaan, karena ilmu pengetahuan berasal dari sisi negatif mansia;  seperti  ilmu ekonomi dari keserakahan, etika dari kesombongan kelas, fisika dari kemalasan (dst) ? kalau begitu bukankah tidak salah kalau saya mengatakan bahwa arus besar kapitalisme turut berperan semakin menggencet cita-cita Devi?

Sedikit Flashback, selama saya sekolah 20 tahun saya menyimpulkan kalau tujuan manusia secara garis besar pada hakikatnya cuma satu : “kebahagiaan”. Tapi kebahagiaan macam apa? apa yang melulu materi? kekuasaan? kekuatan? kepintaran? terus apa dong?.

Rasanya sudah terlalu banyak “?” dalam postingan ini, tapi bukan manusia namanya kalau tidak mencoba untuk terus bertanya. Ayo kita lampaui Rousseau dengan membuat ilmu pengetahuan membawa kemajuan yang positif buat cita-cita Devi. Untuk penutup, nggak ada salahnya buat sekali lagi mengucapkan selamat;

Selamat ulang tahun ya Devi, semoga panjang umur, semoga kebahagiaan selalu menyertaimu😀

0 Responses to “Selamat Ulang Tahun Devi ! :D”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Gravatar

blog sederhana dari pemikiran saya yang juga ndak kalah sederhananya, silahkan dinikmati

ayo-ayo buat yang ga sempet buka blog ini bisa baca via email, gampang kok tinggal klik disini

Bergabunglah dengan 22 pengikut lainnya

Desember 2010
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

my tweets @rianadhivira

wordpress visitors

%d blogger menyukai ini: